TEKS
Man hand holding pen, employee, office worker, businessman signing contract at negotiations, trainee, intern writing, taking notes at company meeting, briefing, business training, hands view, close

Apa arti teks eksposisi

Posted on

Teks eksposisi yaitu sebuah bentuk teks atau tulisan yang memuat tentang informasi maupun pengetahuan. Secara umum, teks eksposisi sendiri memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan atau uraian mengenai suatu ide, pokok pikiran, pendapat, informasi kepada pembaca tanpa bermaksud memengaruhi. Hal ini yang membuat tujuan teks eksposisi ialah memberitahukan informasi berdasarkan fakta sesuai dengan sudut pandangan tertentu dan tanpa didasari opini.

Selain itu, teks eksposisi pada dasarnya memiliki bentuk seperti sebuah retorika, yang mana dapat digunakan untuk menjelaskan tentang uraian, sekaligus menjawab berbagai pertanyaan. Oleh karena itu, sebagian besar teks dalam buku pelajaran pada konsepnya merupakan pengembangan dari teks eksposisi. Hal itu dapat dilihat melalui teks lainnya, seperti berita, essai, prosedur, bahkan juga laporan.

Berikut beberapa ciri-ciri Teks Eksposisi antara lain yaitu:

Memberikan Informasi sesuai fakta

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa teks eksposisi bukanlah teks fiksi, tetapi berisi tentang teks nonfiksi. Oleh sebab itu, teks eksposisi umumnya akan berisi tentang informasi yang dimana isinya berdasarkn fakta. Informasi yang didapatkan dari teks eksposisi bisa menambahkan wawasan kita (sebagai pembaca) dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menggunakan Bahasa yang Baku dan Mudah dimengerti

Dikarenakan termasuk teks nonfiksi dan di dalam isinya berupa informasi, maka untuk penulisan teks eksposisi menggunakan bahasa yang baku dan mudah dimengerti. Dalam hal ini, bahasa baku yang dimaksud, antara lain seperti kata-kata yang sesuai dengan KBBI, kalimat yang sesuai dengan PUEBI, dan sebagainya.

Berisi tentang Sebuah Fakta

Dalam teks eksposisi didukung dengan data-data yang akurat yang sesuai fakta, sehingga keasliannya bisa dipertanggung jawabkan oleh penulis (pembuat). Oleh sebab itu, ketika ingin menulis teks eksposisi yang baik diperlukan mencari sumber-sumber data yang akurat agar tidak terjadi kesalahan.

Format Penulisannya Singkat, Jelas, dan Padat

Dalam format penulisan untuk teks eksposisi juga perlu diperhatikan dalam penulisannya, seperti penulisannya singkat, jelas, dan padat hal ini bertujuan agar pembaca mudah menerima informasi dan agar pembaca tidak merasa bosan dengan penulisan yang begitu panjang.

Bersifat Objektif dan Tidak Memihak

Untuk sifatnya sendiri teks eksposisi harus bersifat objektif dan tidak memihak salah satu pihak atau beberapa kepentingan saja. Jadi, bagi seorang penulis teks eksposisi harus bisa memastikan atau diperhatikan kembali penulisannya, kalau setiap menulis teks eksposisi berdasarkan fakta.

Berikut beberapa Struktur Teks Eksposisi antara lain yaitu:

1. Tesis
Yaitu bagian yang memiliki fungsi untuk menyajikan pengenalan isu, masalah, gagasan utama, hingga pandangan penulis secara umum terkait topik atau masalah yang sedang dibahas. Tesis bisa disebut juga sebagai pernyataan pendapat atau pandangan. Sebelum memulai menulis teks eksposisi, penulis harus menentukan tujuan dari teks eksposisi terlebih dahulu.

2. Rangkaian Argumen
Yaitu dapat dipahami sebagai pendapat berupa alasan yang logis atau masuk akal, informasi sesuai hasil temuan, fakta yang terjadi atau informasi yang valid, hingga pernyataan para ahli. Jadi, tak heran apabila di bagian ini, Kamu akan banyak menemukan pendapat sebagai penjelasan atas tesis yang dijelaskan sebelumnya.

3. Penegasan Ulang
Adapun tujuan dari penegasan ulang sendiri yaitu untuk memberikan penegasan terhadap pendapat awal sekaligus menyajikan simpulan dan saran terhadap keseluruhan masalah yang dibahas.

Adapun Cara Membuat Teks Eksposisi segai berikut:

1. Tentukan Tema
Ketika kamu ingin membuat teks eksposisi hal yang pertama kali kamu lakukan yaitu menentukan tema. Dengan adanya tema, maka arah tulisan akan menjadi lebih jelas, sehingga tulisan pesan dari teks eksposisi bisa dibaca dan disimak dengan baik oleh pembaca.

2. Kumpulkan Sumber Untuk Bahan Tulisan
Kemudian kumpulkan sumber yang bisa kamu temukan seperti berasal dari buku atau artikel yang bisa ditemukan diinternet. Akan lebih bagus lagi, apalagi kalau dalam menulis teks eksposisi diberikan sumber berupa data terbaru pada suatu peristiwa. Dengan adanya sumber, maka tulisan eksposisi akan membuat pembaca mengetahui lebih banyak tentang sebuah informasi.

3. Buat Kerangka Tulisan
Buatlah kerangka tulisan maka kamu akan mengetahui hal-hal apa saja yang perlu ditulis di teks eksposisi yang akan kamu bahas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *