apa itu radang sendi?
Secara umum radang sendi yaitu peradangan yang terjadi pada satu atau beberapa sendi

Apa itu Radang Sendi dan Penyebabnya ?

Posted on

Zxtmart.com, Radang Sendi yaitu salah satu penyakit yang masuk ke dalam kelompok penyakit autoimun ialah penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh kita sendiri. Secara umum yaitu peradangan yang terjadi pada satu atau beberapa sendi, sehingga menyebabkan sendi menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan. Radang sendi bisa terjadi oleh semua golongan usia, termasuk anak-anak, remaja dewasa maupun orang yang sudah sepuh. Namun, kondisi ini paling sering terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun. wanita lebih rentan terkena dibandingkan dengan pria hal ini terjadi pada wanita yang suka merokok dan jarang terpapar sinar matahari pagi memiliki resiko terkena cukup tinggi.

Radang sendi ini kebanyakan menyerang membran sinovial yaitu membran yang melapisi sendi sinovial. Bagian tubuh mana saja yang termasuk dalam sendi sinovial? sendi pada lutut, pinggul, pergelangan tangan, siku dan bahu. Sendi pada bagian tersebut merupakan sendi yang paling banyak melakukan gerakan sehingga kita perlu menjaga agar membran Sinovial terjaga. Fungsi membran Sinovial ialah mengeluaran cairan yang digunakan sebagai pelumas untuk mempermudah gerakan sendi.

Apakah radang sendi sama dengan asam urat?

Sementara asam urat adalah radang sendi yang memiliki sifat akut. Peradangan terjadi karena adanya endapan asam urat pada sendi. Perbedaan utama pada kedua penyakit ini ialah lokasi terjadinya peradangan. Dikarenakan berbeda penyebab dan lokasinya, maka sensasi nyeri yang muncul pun biasanya akan berbeda pula.

Berikut ini beberapa penyebab :

Umur atau usia = > Semakin bertambahnya umur, tubuh semakin kehilangan kemampuan atau stamina mulai berkurang untuk menyembuhkan tubuh sendiri termasuk bagian sendi.
Berat Badan => faktor ini biasanya dipengaruhi karena terlalu kelebihan berat akan memberikan badan lebih susah digerakkan terutama pada persendian sendi lutut yang harus menompang seluruh berat tubuh.
Keturunan => faktor genetik juga memengaruhi dimana membran Sinovial tipis atau bentuk tulang yang tidak umum bisa memicu semakin cepat penyakit ini menyerang. Genetik memang tidak bisa dilawan, namun kita bisa melakukan pecegahan.
Tututan Profesi => ada beberapa profesi membuat kita melakukan sebuah kegiatan berlebihan atau tidak sesuai dianjurkan yang dapat menimbulkan radang sendi. Apa saja contoh profesi ini biasanya seorang altet olahraga.

Tanda Penyakit berikut ini beberapa penyakit yang perlu diwaspadai :

  • Kekakuan pada sekitar sendi terutama pada saat pagi hari, untuk beberapa menit terutama saat bangun tidur.
  • Kekakuan sendi semakin sering terjadi dan kurung waktu serangan yang semakin panjang
  • Terjadi pembengkaan pada sekitar atau persendian
  • Semakin lama pembengkaan semakin nyeri dan sering terjadi secara mengulang

Ketika mengalami tanda-tanda penyakit di atas, sangat disarankan untuk konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *