peredaran darah
Human heart with blocked arteries. 3d illustration

Apa itu Sistem Peredaran Darah

Posted on

Zxtmart.com, Sistem peredaran darah ialah suatu sistem organ yang memiliki fungsi untuk memindahkan zat dan nutrisi ke dan dari sel. berfungsi untuk menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis).Dan darah dalam tubuh berfungsi untuk mengangkut zat – zat penting (yang di antaranya oksigen dan sari – sari makanan) ke seluruh bagian tubuh. Dan untuk mengangkut zat-zat penting tersebut diperlukan alat peredaran darah.

Berikut ini terdapat alat peredaran darah yang meliputi :

Jantung

Letak jantung berada di dalam rongga dada sebelah kiri dan untuk ukuran jantung kira – kira sebesar kepalan tangan pemiliknya. Jantung terdiri atas susunan kumpulan otot – otot yang sangat kuat yang disebut miokardia. Jantung terdiri atas empat ruang, yang terdiri dari serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. Pada bagian kanan dan kiri jantung dibatasi oleh sekat jantung yang memiliki fungsi untuk mencegah bercampurnya darah yang mengandung banyak oksigen dan karbon dioksida.

Dan otot penyusun bilik jantung lebih tebal daripada otot pada serambi jantung. Hal ini dikarenakan tugas bilik jantung lebih berat yakni memompa darah keluar dari jantung ke seluruh bagian tubuh.

Fungsi jantung yaitu sebagai memompa darah dengan cara menguncup (berkontraksi) dan mengembang (berelaksasi). Kontraksi dan relaksasi pada jantung dapat mengakibatkan terjadinya denyut jantung atau denyut nadi. Pada saat jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi, pembuluh tersebut ikut berdenyut.

Pembuluh Darah

Pembuluh darah yaitu saluran tempat dimana mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh maupun sebaliknya. Dan ada dua macam pembuluh darah, yang terdiri dari pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena).

Pembuluh nadi (arteri) yaitu pembuluh yang membawa darah kaya oksigen keluar dari jantung, kecuali arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis membawa darah kaya karbon dioksida dari jantung menuju paru-paru. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Sedangkan pembuluh balik (vena) yaitu pembuluh darah yang membawa darah kaya karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju jantung, kecuali vena pulmonalis yang membawa darah kaya oksigen dari paru – paru menuju jantung. Dan kedua pembuluh ini sama – sama bercabang.

Berikut perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik, sebagai berikut:

Pembuluh Nadi (arteri)

  • Denyut terasa
  • Umumnya terletak di bagian dalam tubuh
  • Dinding tebal, kuat, dan elastis
  • Tekanan darahnya tinggi
  • Darah mengalir cepat
  • Membawa darah yang mengandung banyak oksigen, kecuali arteri pulmonalis

Sedangkan pada pembuluh Balik (vena)

  • Denyut tidak terasa
  • Terletak di dekat permukaan tubuh
  • Dindingnya tipis dan tidak elastis
  • Tekanan darahnya rendah
  • Darah mengalir lambat
  • Membawa darah yang mengandung banyak karbon dioksida, kecuali vena pulmonalis

Dibawah ini beberapa gangguan pada jantung dan pembuluh darah, yang terdiri dari :

  • Pelebaran pembuluh darah, yang dapat dibedakan menjadi varises dan ambeien (wasir) . Pada varises terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah balik di bagian kaki sedangkan pada ambeien terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah balik di sekitar anus.
  • Anemia (kekurangan darah), penyebabnya adalah karena luka yang mengeluarkan banyak darah, kekurangan zat besi, atau memiliki penyakit seperti kanker tulang.
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi), ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah dan untuk mengukur besar kecilnya tekanan darah seseorang dapat diukur menggunakan tensimeter.
  • Penyakit jantung koroner, disebabkan karena adanya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh arteri koroner sehingga menyumbatnya.
  • Stroke, disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak sehingga saraf-saraf yang ada di otak tidak memperoleh cukup oksigen hal ini dapat menyebabkan kerja saraf menjadi terganggu. Dan untuk menjaga kesehatan, kita dapat melakukan olahraga secara teratur atau rutin. Selain itu, menjaga kesehatan alat juga dapat dilakukan dengan menjaga kebiasaan makan sehari – hari dengan mengurangi makanan yang memiliki lemak tinggi karena tidak baik bagi kesehatan jantung, karena kandungan lemak yang berlebihan dalam tubuh dapat mengakibatkan penyempitan.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *