kalimat utama
red pen over blurred paperwork on wooden table with laptop

Apa perbedaan kalimat utama dan kalimat penjelas

Posted on

Zxtmart.com, Sebelumnya apa kah kalian mengetahui apa itu kalimat utama dan kalimat penjelas? Untuk lebih jelasnya anda bisa perhatian artikel dibawah ini. Disini saya akan menjelaskan tentang pengertian kalimat utama dan penjelas beserta, ciri-ciri, fungsi, dan cara mengetahui letak kalimat utama.

Untuk membedakan kalimat utama dalam sebuah paragraf, biasanya hanya terdiri dari satu kalimat saja. Sementara itu, yang lainnya yaitu kalimat pendukung untuk kalimat utama atau biasa disebut dengan kalimat penjelas.

Kalimat utama yaitu kalimat yang berisikan mengenai ide atau gagasan pokok yang merupakan inti dari suatu paragraf dan biasanya kalimat utama letaknya didepan atau diparagraf pertama yang bersifat umum, dengan kata lain memuat dalam keseluruhan isi dalam suatu paragraf. Sementara itu, kalimat penjelas yaitu kalimat yang memiliki sifat khusus dan berfungsi sebagai kalimat pengembang dari suatu gagasan utama dalam sebuah paragraf.

Berikut beberapa ciri-ciri kalimat utama antara lain sebagai berikut.

Kalimat utama dan kalimat penjelas memiliki perbedaan yang sangat mencolok atau signifikan, kalimat utama berdiri sendiri dengan memiliki arti yang jelas, sehingga tidak membutuhkan konjungsi antar kalimat ataupun intra kalimat dalam sebuah penulisan.

Gagasan Pokok memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut.

Biasanya berada atau terletak di awal paragraf, tetapi terkadang juga berada di akhir sebuah paragraf untuk itu lebih cermat lagi anda dalam mencari gagasan pokok dan untuk kalimat yang berada di akhir biasanya didahului dengan kata “jadi” dan “dengan demikian” jadi lebih cermat lagi dalam menentukan kalimat utama.
Kalimat ini berisi suatu permasalahan yang kemudian dapat dikembangkan secara rinci atau dijelaskan secara struktural.
Kalimat utama yaitu sebuah pernyataan yang bersifat umum dan bisa dikembangkan secara umum.

Fungsinya antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai Gagasan Paragraf, Berfungsi sebagai gagasan paragraf, atau juga disebut dengan pokok paragraf atau pokok pikiran paragraf. Gagasan tersebut berada di dalam kalimat utama yang diperjelas oleh gagasan penjelas dan menjadi inti atau pokok pembahasan suatu paragraf.

  • Sebagai Gagasan Teks, Sama seperti gagasan paragraf, yang membedakan gagasan utama mengacu pada satu paragraf sementara gagasan utama teks mengacu pada satu teks. Menyusul hal tersebut, gagasan utama teks yaitu topik atau hal pokok yang dibicarakan dalam sebuah teks atau pembicaraan sebuah teks.

Cara Mudah Mengetahui letak adalah sebagai berikut:

Membaca kalimat pertama dan terakhir yang terdapat di dalam sebuah paragraf.
Menentukan ide pokok atau gagasan pokok dari sebuah kalimat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *