ekosistem
A caring hand plants a tree on a green planet. Thun line vector illustration on white.

Apa yang disebut dengan Ekosistem

Posted on

Zxtmart.com, Ekosistem yaitu suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik yang tidak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem sendiri meliputi : hutan, ekosistem laut, ekosistem padang rumput, dan lain-lain. Sebagai penggabungan dari setiap unit biosistem. Yang akan melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan. Matahari merupakan sumber dari semua energi, dalam sebuah ekosistem dan organisme pada komunitas berkembang bersama – sama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem.

Berikut ini komponen ekosistem yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik :

1. Komponen Biotik
Juga disebut sebagai komponen hidup. Hal ini dikarenakan, kelompok ini terdiri dari makhluk hidup yang hidup didalamnya. Dan setiap organisme yang ada didalamnya memiliki perannya masing – masing dan saling berhubungan satu dengan lainnya. Dan berdasarkan perannya dan juga fungsinya, komponen biotik dibagi menjadi :

Produsen

Yaitu organisme yang bisa membuat senyawa organik dari bahan anorganik untuk dijadikan sebagai makanannya. Yang termasuk dalam kelompok produsen bisa membuat makanan untuk dirinya sendiri dan makhluk hidup lainnya. Sehingga produsen juga disebut organisme autotrof. Contohnya yaitu tumbuhan, ganggang hijau biru, bakteri, dan organisme lain yang memiliki klorofil.

Konsumen

Pada konsumen kebalikan dari produsen dimana kelompok ini tidak bisa menghasilkan makanan sendiri dan membutuhkan peran produsen untuk menghasilkan makanannya. Konsumen yaitu sering disebut sebagai organisme heterotrof. Berdasarkan jenis makanannya, konsumen dibagi menjadi tiga kelompok yaitu karnivora (pemakan daging), herbivora (pemakan tumbuhan) dan omnivora pemakan segala (daging dan tumbuhan).

Pengurai

yaitu pengurai atau dekomposer, organisme yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan sampah atau sisa makhluk hidup lain yang telah mati. Zat yang diambil konsumen dari produsen, akan dikembalikan lagi ke produsen dengan bantuan pengurai melalui proses pembusukan. Dalam proses tersebut akan menghasilkan zat anorganik sederhana, yang diperlukan produsen untuk membuat makanan. Ciri – ciri pengurai yaitu memiliki ukuran tubuh yang kecil, Dan bisa dijumpai dimana saja baik di darat, air, atau udara. Contohnya sendiri yaitu jamur dan bakteri.

2. Komponen Abiotik
Yaitu komponen ekosistem yang terdiri atas benda mati. Dimana komponen ini juga sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan sistem ekologi.

Lalu, apa saja yang termasuk dalam kelompok komponen abiotik? Berikut penjelasannya.

Air
Yaitu komponen abiotik yang sangat diperlukan dalam kehidupan. Manfaat air juga banyak tidak hanya untuk menjaga agar tubuh tetap sehat atau agar tanaman tetap bisa tumbuh. Selain itu juga bisa menjadi tempat tinggal makhluk hidup seperti, ganggang, dan organisme yang habitatnya di dalam air.

Udara
Yaitu salah satu komponen yang sangat dibutuhkan makhluk hidup untuk bisa bernafas dengan baik. Seperti halnya pada manusia dan hewan membutuhkan oksigen untuk bernafas dan metabolisme tubuh. Sedangkan pada tanaman membutuhkan karbon dioksida untuk proses fotosintesis.

Cahaya matahari
Yaitu bagian dari komponen abiotik yang sangat penting dan merupakan sumber energi bagi tumbuhan. Produsen nomor satu itu, pada saat proses fotosintesis dan menghasilkan makanan. Sementara pada manusia dan hewan membutuhkan cahaya matahari untuk memperoleh kehangatan dan membantu proses metabolisme dan vitamin D yang bermanfaat bagi tubuh manusia,
Sinar matahari juga akan membuat temperatur udara menjadi lebih stabil.

Tanah
Yaitu juga merupakan sumber kehidupan terutama bagi kelompok produsen. Sebagai contoh tanaman memperoleh berbagai nutrisi dari dalam tanah. Dimana adanya nutrisi tersebut membuat tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Letak geografis
Yaitu sebagai letak atau posisi suatu wilayah tertentu di muka bumi. Yang dapat ditentukan dari segi astronomis, geologis, dan sosial budaya. Perbedaan letak gerografis akan membuat jenis dan sebaran makhluk hidup yang hidup didalamnya beragam dan dapat mempengaruhi distribusi makhluk hidup dan ekosistem.

Iklim
Yaitu suatu kondisi cuaca rata-rata di seluruh tempat yang luas dalam waktu yang lama. Yang terbentuk karena adanya interaksi antara kelembapan udara, suhu, curah hujan, dan cahaya matahari. Iklim berhubungan erat dengan kesuburan tanah dan produktifitas tumbuhan. Daerah yang memiliki hutan lebat umumnya memiliki tanah yang subur.

pH (derajat keasaman)
Yaitu suatu kondisi yang menunjukan tanah dalam keadaan asam atau basa. Biasanya setiap makhluk hidup memerlukan standar pH untuk bisa hidup di lingkungan tersebut. Oleh karena itu pH sangat berpengaruh terhadap ekosistem.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *